Media pembelaaran ini mengguakan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) yang dapat digunakan untuk Pembelajaran sistem kelistrikan pada kendaraan ringan.
berbagai kegiatan yang telah dilakukan baik pelatihan, pembelajaran ataupun yang lain.
Tutorial yang berupa panduan dalam menjalankan aplikasi baik berbasis web maupun aplikasi.
berbagai macam informasi/berita yang berkaitan dengan dengan pendidikan.
Aplikasi berbasis Website ataupun Aplikasi berbasis Excell untuk dunia pendidikan.
RPP, Silabus, Modul/Bahan Ajar dan yang lain untuk Kompetensi keahalian teknik Kendaraan Ringan Otomotif.
berbagai macam artikel baik untuk dunia pendidikan ataupun penelitian .
Kumpulan Modul/Buku Panduan/Materi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya untuk Pendidik.
Media pembelaaran ini mengguakan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) yang dapat digunakan untuk Pembelajaran sistem kelistrikan pada kendaraan ringan.
Media Pembelajaran ini menggunakan aplikasi google sites untuk mata pelajaran Dasar Dasar Otomotif sub kompetensi Motor Bakar.
silahkan rekan rekan dapat menggunakan media pembelajaran ini untuk membantu dalam proses pembelajaran di kelas. Media pembelajaran ini sudah dilengkapi dengan test sebagai tolak ukur pemahaman peserta didik yang nilainya dapat dilihat secara langsung serta sudah memiliki menu navigasi untuk memudahkan siswa/pendidik dalam menggunakan media pembelajaran ini.
Dalam media pembelajaran ini juga ada beberapa video yang dapat membantu pemahaman siswa dalam memahami motor bakar.
silahkan rekan rekan dapat langsung menuju ke Media Pembelajaran dengan KLIK DISINI
atau juga dapat menuju link berikut https://sites.google.com/view/dasardasarotomotif/
terus berkarya, berinovasi, berkolaborasi dan berbagi untuk kemajuan dunia pendidikan.
Alasan utama mengapa diberi judul tersebut adalah dalam kondisi yang saya rasakan di lingkungan sekitar adalah tidak tepatnya pemahaman sertifikasi guru. Mungkin banyak sekali ditemui sekolah bahwa guru yang memiliki sertifikat sertifikasi guru maka ia harus diberi tambahan tugas lainnya selain tugas mengajar.
1.
Sederhana dan Informatif
Alur Tujuan Pembelajaran yang disusun harus dapat dipahami oleh guru
sebagai pihak yang merancang ATP maupun pembaca. Oleh karena itu, agar ATP
Kurikulum Merdeka lebih mudah dipahami, Bapak/Ibu guru dapat menggunakan
istilah atau terminologi yang umum digunakan, serta tidak mengandung makna yang
ambigu.
Jika menggunakan istilah khusus, Bapak/Ibu guru dapat mencantumkan
penjelasannya dalam bentuk glosarium.
2.
Esensial dan Kontekstual
Alur Tujuan Pembelajaran juga harus memuat aspek pembelajaran yang paling
mendasar atau penting, yakni kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran.
Ketersediaan pengalaman belajar yang sejalan dengan lingkungan sekitar atau
kehidupan di dunia nyata juga perlu dipertimbangkan. Dengan begitu, siswa lebih
mudah dalam mengimplementasikan pembelajaran yang diperolehnya.
3.
Berkesinambungan
Berkesinambungan artinya, adanya keterkaitan antarfase dan antar tujuan dan
merupakan pencapaian yang disusun secara berurutan, sistematis, dan berjenjang
agar dapat memperoleh Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan pada setiap
mata pelajaran. Selain itu, ATP juga harus disusun secara kronologis
berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
4.
Pengoptimalan tiga aspek kompetensi
Ada tiga aspek kompetensi yang harus dioptimalkan pada siswa, yaitu
pengetahuan, keterampilan dan sikap. Pengoptimalan ketiga aspek kompetensi ini
harus selaras dengan tahapan kognitif siswa yang terdiri dari kemampuan
mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta,
serta dimensi pengetahuan (faktual – konseptual – prosedural – metakognitif).
Tak hanya aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa saja,
pengoptimalan juga perlu dilakukan pada penumbuhan kecakapan hidup, seperti
kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, serta dimensi
Profil Pelajar Pancasila yang terdiri enam dimensi, yakni beriman, mandiri,
bergotong-royong, bernalar kritis, dan kreatif.
5.
Merdeka Belajar
Merdeka belajar adalah prinsip utama yang harus dipahami guru dalam
penyusunan ATP Kurikulum Merdeka. Merdeka belajar sendiri berarti:
§ Memerdekakan siswa
dalam berpikir dan bertindak pada ranah akademis dan bertanggung jawab secara
moral.
§ Memfasilitasi dan
menginspirasi kreativitas siswa dengan mempertimbangakn keunikan yang dimiliki
setiap siswa, mulai dari kecepatan belajar, gaya, dan minat siswa.
§ Mengoptimalkan peran
dan kompetensi guru dalam merumuskan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
6.
Operasional dan Aplikatif
Perumusan ATP harus dapat memvisualisasikan dan mendeskripsikan proses
pembelajaran serta penilaian secara utuh. Dengan begitu, ATP dapat menjadi
landasan operasional yang aplikatif dalam merancang modul ajar.
7.
Adaptif dan Fleksibel
Alur Tujuan Pembelajaran yang disusun juga harus adaptif dan fleksibel. Ini
artinya, ATP dapat diterapkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran,
siswa, dan satuan pendidikan dengan mempertimbangkan alokasi waktu dan
keterkaitan antarmata pelajaran, serta ruang lingkup pembelajaran dalam
Kurikulum Merdeka, yaitu pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstra
kurikuler.
Judul tersebut merupakan pertanyaan yang sampai sekarang masih menghantui pikiran terutama pendidik sebagai garda terdepan dalam pendidikan di Indonesia.
Mengenal Lebih Dekat Kurikulum Merdeka
Dikutip dari https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/
Latar Belakang Adanya Perubahan Kurikulum _______________
Hasil Programme for
International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa 70% siswa berusia 15
tahun berada di bawah kompetensi minimum dalam memahami bacaan sederhana atau
menerapkan konsep matematika dasar. Skor PISA ini tidak mengalami peningkatan
yang signifikan dalam sepuluh hingga lima belas tahun terakhir. Studi tersebut
memperlihatkan adanya kesenjangan besar antarwilayah dan antarkelompok
sosial-ekonomi dalam hal kualitas belajar. Hal ini diperparah dengan adanya
pandemi COVID-19.
Untuk mengatasi hal
tersebut, Kemendikbudristek melakukan penyederhanaan kurikulum dalam kondisi
khusus (kurikulum darurat) untuk memitigasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) pada masa
pademi. Hasilnya, dari 31,5% sekolah yang menggunakan kurikulum darurat
menunjukkan, penggunaan kurikulum darurat dapat mengurangi dampak pandemi
sebesar 73% (literasi) dan 86% (numerasi).
Untuk mendukung visi
pendidikan Indonesia, dan sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran,
Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe)
dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus
berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta
didik.
Karakteristik Utama ___________________
Karakteristik dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan
pembelajaran adalah:
Kurikulum Merdeka mencakup tiga tipe kegiatan
pembelajaran sebagai berikut:
4.
Satuan pendidikan menerjemahkan Capaian Pembelajaran
dengan menyusun kurikulum operasional dan rencana pembelajaran yang sesuai
dengan kebutuhan belajar pelajar dan karakteristik satuan pendidikan
masing-masing. Muatan capaian pembelajaran dapat dikelola pendidik sebagai mata
pelajaran tersendiri, tematik, integrasi, atau sistem blok.
5.
Alokasi jam pelajaran pada struktur kurikulum
dituliskan secara total dalam satu tahun dan dilengkapi dengan saran alokasi
jam pelajaran jika disampaikan secara reguler/mingguan.
6. Pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka
merupakan siklus yang melalui tiga tahapan berikut:
a. Asesmen diagnostik
Guru melakukan asesmen awal untuk mengenali potensi,
karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan, dan tahap pencapaian pembelajaran
murid. Asesmen umumnya dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran,
sehingga hasilnya dapat digunakan untuk melakukan perencanaan lebih lanjut
terkait metode pembelajaran yang sebaiknya digunakan.
b. Perencanaan
Guru menyusun proses pembelajaran sesuai
dengan hasil asesmen diagnostik, serta melakukan pengelompokan
murid berdasarkan tingkat kemampuan.
c. Pembelajaran
Selama proses pembelajaran, guru akan mengadakan asesmen
formatif secara berkala, untuk mengetahui progres pembelajaran
murid dan melakukan penyesuaian metode pembelajaran, jika diperlukan.
Pada akhir proses pembelajaran, guru juga bisa melakukan asesmen
sumatif sebagai proses evaluasi ketercapaian tujuan
pembelajaran.
Ulasan Mengapa kurikulum perlu berubah silahkan baca di
blog ini
Need for Speed: Most Wanted (permainan video 2005)
Dikutip dari https://id.wikipedia.org/
Need for Speed: Most Wanted (NFS:MW)
adalah permainan balapan multiplatform yang
dikembangkan oleh EA
Black Box dan pertama kali dirilis oleh Electronic Arts di Amerika Serikat pada 15 November 2005.
Permainan ini merupakan bagian dari serial Need
for Speed.
Dalam permainan ini, polisi juga terlibat dalam
sesi balapan tertentu, di mana polisi akan mengerahkan kendaraan dan taktiknya
untuk menghentikan dan menangkap pemain sebagaimana permainan Most
Wanted sebelumnya. Permainan ini memiliki sepuluh pembalap yang
paling dicari, mirip dengan "blacklist" pada bagian pemain tunggal
dari permainan Most Wanted sebelumnya yang menampilkan lima
belas pembalap. Ketika pembalap yang paling dicari (most wanted) dapat
dikalahkan oleh pemain, maka mobil pembalap tersebut ditambahkan ke dalam
daftar mobil pemain.
Yang membuat gim ini sangat
saya sukai adalah BMW M3 GTR. Pada gim ini, kita akan berperan sebagai
pengemudi BMW M3 GTR yang baru saja tiba di Kota Rockport. Bukan untuk merantau
tentu saja, tapi untuk nantangin balap liar pengemudi yang ada di kota ini.
Saat tiba di Kota Rockport, kita akan disambut
oleh polisi korup bernama Sersan Nathan Cross yang berusaha keras untuk
menangkap kita dengan tuduhan mobil yang kita gunakan adalah mobil tanpa STNK.
Beruntung, saat itu Nathan Cross dipanggil oleh rekannya sesama polisi lewat
radio. Pesan radio tersebut meminta semua polisi yang bertugas untuk mengejar
pelaku balapan liar lainnya sehingga kita tidak jadi ditangkap.
Permasalahan kita sebagai tokoh utama
belum selesai. Kita masih harus berhadapan dengan Clarence Callahan, atau lebih
dikenal dengan Razor, sebagai pemeran antagonis dalam gim ini. Razor adalah
pembalap nomor satu di Kota Rockport. Tidak saja jago balapan, dia juga buronan
polisi nomor satu. Di tengah balapan, mobil BMW M3 GTR yang kita gunakan akan
mengalami kebocoran oli sehingga kita kalah balapan. Tentu saja itu akal-akalan
licik yang digunakan oleh Razor supaya bisa memiliki BMW M3 GTR yang kita
gunakan.
Lalu, kita dipaksa untuk mengalahkan 15 orang buronan polisi Kota Rockport supaya bisa nantangin Razor dan merebut kembali mobil BMW milik kita lewat ajang balapan liar. Beruntung, kita ditemani oleh gadis cantik bernama Mia Townsend yang bakal nolongin kita selama di Kota Rockport. Kita betul-betul harus merangkak dari nol, beli mobil murah, memenangkan setiap balapan yang ada, memodifikasi mobil yang kita miliki agar performanya lebih bagus, lalu nantangin para jagoan balapan di Kota Rockport, baru bisa nantangin Razor. Dan tentu saja, kita harus sambil menghindar dari tangkapan polisi saat balapan.
Untuk mendapatkan mobil saat kita sudah
mengalahkan pemain blacklist adalah :
1. Pastikan bahwa di garasi mu terdapat
maksimum 4 mobil, karena kalau sudah 5 mobil, pink slip tidak akan muncul
2. Pilih nomor satu dulu.
3. Bila nomor SATU berisi Get out of
Jail Free, atau Extra Impound strike atau Release Ride from Impound, maka,
nomor TIGA berisi pink Slip
4. Bila nomor SATU berisi cash bonus,
maka nomor DUA berisi pink slip.
5. Bila nomor SATU berisi pink slip,
maka pilihlah performance upgrade supaya mobilmu semakin cepat
6. Untuk mendapatkan bounty, sambil
dapat uang lebih (sambil balapan, dapat bounty dan duit) maka ulangi racenya
tapi pilih yang cop probability-nya maksimum.
7. Untuk dapat duit tambahan, jual saja
mobil yang tidak dipakai, sehingga di garasi ada terdapat maksimum 4 mobil saja
Yang perlu diingat. TRIK INI TIDAK AKAN BEKERJA BILA DI GARASI SUDAH TERDAPAT 5 MOBIL
untuk rekan rekan yang dapat menyelesaikan game ini
(mendapatkan mobil BMW M3 GTR milik Razor) kurang dari 3-4 hari silahkan
komentar dibawah.