My Aktivitas

berbagai kegiatan yang telah dilakukan baik pelatihan, pembelajaran ataupun yang lain.

TUTORIAL

Tutorial yang berupa panduan dalam menjalankan aplikasi baik berbasis web maupun aplikasi.

INFORMASI DIKLAT ATAUPUN KEGIATAN LAINNYA

berbagai macam informasi/berita yang berkaitan dengan dengan pendidikan.

APLIKASI BERBASIS WEB DAN MS EXCELL

Aplikasi berbasis Website ataupun Aplikasi berbasis Excell untuk dunia pendidikan.

PERANGKAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM)

RPP, Silabus, Modul/Bahan Ajar dan yang lain untuk Kompetensi keahalian teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

ARTIKEL

berbagai macam artikel baik untuk dunia pendidikan ataupun penelitian .

MODUL/BUKU/MATERI

Kumpulan Modul/Buku Panduan/Materi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya untuk Pendidik.

Guru Penggerak atau Pengajar Praktik?

Pertanyaan ini merupakan hal yang wajar dialami oleh pendidik/guru setelah mengenal dan memahami Program Guru Penggerak. Adapun apa itu Guru Penggerak dapat dilihat pada postingan Mengenal Lebih Dekat Guru Penggerak dalam blok ini.

Mengenal Lebih Dekat Guru Penggerak

Judul diatas sengaja diambil dengan tujuan untuk lebih memotivasi rekan rekan pendidik untuk ikut terlibat dalam kegiatan Program Guru Penggerak dalam rangka transformasi pendidikan di Indonesia. Sebagai pendidik kita bisa memilih untuk berperan dalam Program Guru Penggerak sebagai Guru Penggerak, Pengajar Praktik, ataupun fasilitator.

Guru Penggerak??

 

Judul diatas mungkin masih menjadi pertanyaan paling umum di kalangan pendidik, banyak yang beranggapan bahwa Guru Penggerak adalah hanya untuk menjadi sebagian syarat jika ingin menjadi “Kepala Sekolah” di satuan pendidikan. Hal ini mungkin karena adanya aturan Permendikbudristek No 40 akan tetapi dalam kontek yang saya pahami adalah sertifikat guru penggerak hanya 1 syarat yang boleh tidak dipenuhi oleh kepala sekolah asalkan beberapa syarat yang lain terpenuhi dan tujuan utama dari adanya program Guru Penggerak adalah untuk mempercepat transformasi pendidikan di Indonesia.

Dengan coretan ini saya berharap pemahaman sebagian besar pendidik di Indonesia menjadi lebih terbuka bukan hanya sebatas bahwa Guru Penggerak agar dapat menjadi Kepala Sekolah saja dan nantinya banyak pendidik yang mulai tergerak untuk mengikuti Program Guru Penggerak sehingga nantinya di setiap sekolah ada seorang guru penggerak ayang akan mempermudah dalam pelaksanaan transformasi pendidikan.

Secara ringkas dikutip dari berbabagi sumber adanya Program Guru Penggerak dimulai saat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang baru yaitu Bapak Nadiem Makarim, menerbitkan surat edaran nomor 1 tahun 2020 tentang kebijakan merdeka belajar dalam penentuan kelulusan peserta didik menimbulkan pro dan kontra dari berbagai kalangan, “Merdeka Belajar” atau “Kebebasan Belajar”. Konsep “Kebebasan Belajar”, yaitu membebaskan institusi pendidikan dan mendorong peserta didik untuk berinovasi dan mendorong pemikiran kreatif. Konsep ini kemudian diterima mengingat visi misi Pendidikan Indonesia ke depan demi terciptanya manuasia yang berkualitas dan mampu bersaing diberbagai bidang kehidupan. Menghadapi era revolusi industry 4.0, yang menekankan konsep merdeka belajar, setiap lembaga pendidikan diharapkan memiliki daya saing dan inovasi yang mampu berkolaborasi supaya tidak mengalami ketertinggalan. Di era revolusi 4.0, sistem pendidikan diharapkan mampu mewujudkan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah, kreatif dan inovatif serta memiliki ketrampilan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi.

Konsep merdeka belajar merupakan respons terhadap kebutuhan sistem pendidikan pada era revolusi industry 4.0. Nadiem Makarin sebagai Menteri Pendidikan RI, sebagai mana yang dikutip oleh tempo. com 2019, menegaskan bahwa merdeka belajar merupakan kemerdekaan berfikir yang dimulai dari guru. Peserta didik tidak hanya diajarkan informasi yang mereka harapkan untuk diingat dan diingat ketika ditanya, sebaliknya mereka belajar untuk berpikir kritis dengan cara yang tidak konformis dan tidak terkekang. Guru yang mendidik sebagai praktik kebebasan mengajar tidak hanya untuk berbagi informasi tetapi untuk berbagi dalam pertumbuhan intelektual dan spiritual peserta didik .

Dengan perkembangan kebijakan pendidikan, tentu guru harus mampu untuk beradaptasi dengan kebijakan yang berlaku. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran, Sebagai tenaga profesional maka guru harus mampu menyelenggarakan pembelajaran yang bermutu, yang dapat menghasilkan generasi yang terdidik, generasi yang mampu bersaing secara global dan memiliki moral yang baik

Guru harus mampu mengubah paradigma yang lama dengan mengikuti kebijakan-kebijakan yang baru. Dalam menghadapi era industry 4.0, guru harus mampu meng-Upgrade dirinya dengan mengembangkan kompetensi pedagogiknya, sehingga mampu membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk menggunakan daya nalarnya dengan baik. Guru yang memiliki kemerdekaan berpikir tentu mampu memberikan stimulus yang meransang peserta didik untuk menggunakan daya nalarnya dengan baik dan memiliki daya cipta sesuai dengan bakat dan kemampuan yang mereka miliki. Untuk menciptakan pembelajaran yang merdeka bagi peserta didik, tentu guru harus mampu menggunakan daya kreatifnya dalam mendesain pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang ada. Proses pembelajaran akan menarik dan menyenangkan jika guru mampu mendesain pembelajaran dengan kreatif. Guru bisa memilih metode-metode yang cocok dengan menggunakan media pembelajaran untuk membantu peserta didik mampu mengerti dan memahami materi yang diajarkan.

Dengan metode pembelajaran yang bervariasi dan penggunaan media pembelajaran yang tepat akan tercipta pembelajaran yang tidak monoton. Dengan demikian, tujuan dan kebijakan pemerintah tentang merdeka belajar akan tercapai dengan baik. Fenomena yang terjadi bahwa masih banyak guru merasa bingung dan tidak terbiasa dengan penggunaan media pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran hanya metode caramah atau penugasan saja. Guru ibarat teko dan peserta didik sebagai gelas. Guru memberi materi dan peserta didik hanya menunggu dengan pasif. Dalam hal ini pembelajaran tidak berpusat pada peserta didik, namun pada guru. Proses pembelajaran yang seperti ini mengerdilkan daya pikir dan kreatifitas peserta didik, karena peserta didik tidak diberi kesempatan dalam mengekspresikan dirinya secara bebas dan merdeka.

Dalam hal penyususan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), selama ini masih ada beberapa guru hanya melakukan copy paste. Hal ini terjadi karena banyaknya komponen-komponen yang harus dimuat secara rinci dalam RPP sehingga banyak menghabiskan waktu, padahal guru harus melakukan proses pembelajaran. Dalam program merdeka belajar guru harus memiliki pemikiran yang bebas dan merdeka dalam mendesain pembelajaran yang ada sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru memiliki kemerdekaan dalam memilih elemen-elemen dari kurikulum untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kebebasan yang dimiliki guru dalam memilih elemen-elemen yang ada dalam kurikulum harus mampu menciptakan pembelajaran yang menantang peserta didik untuk memiliki pemikiran yang kritis dalam memecahkan berbagai masalah yang ada, mampu menumbuhkan daya cipta yang kreatif serta memiliki karakter yang baik dalam menjalin komunikasi dan kerja sama dengan orang lain

Dari kondisi diatas maka untuk mewujudkan program merdeka belajar, pemerintah melaksanakan program guru penggerak dalam menggerakkan para guru untuk melaksanakan tugasnya sebagai guru dalam pembelajaran merdeka belajar. Diharapkan di setiap sekolah ada minimal 1 Guru Penggerak sehingga transformasi Pendidikan bisa berjalan sesuai dengan program yang telah ditetapkan yaitu Merdeka Belajar.

Semoga coretan ini bisa merubah mainsheet/pemahaman sebagian besar pendidik bahwa Guru Penggerak merupakan sebuah program untuk melakukan transformasi pendidikan di Indonesia. Sama seperti adanya sertifikasi guru yang masih dianggap bahwa sertifikasi guru hanya untuk meningkatkan kesejahteraan yang menjadi tujuan utama bukan karena sertifikat profesi guru adalah bukti bahwa guru yang telah memiliki sertifikat pendidik adalah guru yang telah diakui melalui secara kompeten untuk melaksanakan tugas menjadi pendidik dalam sebuah satuan pendidikan.

Semua dikembalikan ke pribadi masing masing pendidik mengenai pandangan pendidik terhadap guru penggerak ataupun sertifikasi guru, yang perlu diingat adalah jika sudah menjadi seorang pendidik maka harus memahami arti “pendidik yang sebenarnya” sesuai dengan ajaran Ki Hajar Dewantara sebagai acuan dalam melaksanakan pendidikan di Indonesia.

Apa Itu Google Workspace for Education?

Platform workspace yang pertama kali dikenalkan untuk umum pada tahun 2006 silam dengan nama Google Suit dan terus dikembangkan hingga kini. Sekarang Google Suit berganti nama menjadi Google Workspace yang memiliki feature seperti Gmail, Google Calendar, Google Drive, Google Docs Editor, Google Meet, serta feature lain untuk mendukung dalam suatu Workspace. Tak hanya sampai disitu, Google Workspace dikembangkan lagi untuk mendukung sistem pendidikan, yaitu Google For Education.

Platform dukungan pendidikan digital dari Google, atau yang lebih dikenali sebagai Google Workspace for Education merupakan produk dari Google yang terdiri dari seperangkat tools produktivitas yang berbasis menggunakan sistem cloud yang mendukung pembelajaran dan ditujukan untuk lembaga – lembaga pendidikan. Platform e-learning dari Google yang bertujuan untuk memudahkan aktivitas pembelajaran antara staf, pengajar, serta anak didik.

Dengan adanya platform pendidikan digital yang memiliki keunggulan dalam Learning Management System (LMS) yang aman dan handal, karena mendapat dukungan penuh dari pihak Google. Maka tak heran di masa sekarang jutaan siswa dari berbagai berbagai sekolah di seluruh dunia aktif menggunakan platform e-learning dari Google.
Fitur Dalam Google Workspace for Education

Dalam memfasilitasi kegiatan pembelajaran digitalnya, Google memberikan berbagai macam fitur yang ada di dalam Google Suite For Education. Dengan fitur – fitur tersebut diharapkan akan memudahkan guru dan murid dalam aktivitas kegiatan belajar mengajar. Berikut adalah deretan fitur Google Workspace for Education.
1. Google Classroom
Fitur yang menjadi fundamental dalam pembelajaran, dengan ini baik antara guru dan murid atau sesama murid dapat berinteraksi. Fitur ini dapat dibuat dengan mudah oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan, untuk membuat kelas dan mengatur kegiatan apa saja, mulai dari memberikan materi, mengirim tugas, serta tanya jawab. Semua itu dapat dilakukan dengan praktis, cepat, instan, dan tanpa menggunakan selembar kertas pun. 

2. Gmail
Fasilitas surat elektronik atau email dari Google dengan kapasitas 100 gb untuk setiap siswa dan guru. Tak hanya kapasitas penyimpanan yang sangat besar saja, keamanan dan perlindungan data pun sangat mumpuni serta dapat diandalkan.
Yang menarik dari Google Workspace for Education, format email yang dipakai berbeda dengan format email google gratis pada umumnya, yakni namaanda@gmail.com. Dengan platform Google Workspace for Education, format email yang digunakan adalah nama siswa atau guru@namasekolah.com. Terkesan sangat profesional dan lebih meyakinkan.

3. Google Drive
Google juga memberikan fitur penyimpanan cloud di dalam workspace for education, yaitu google drive. Kapasitas penyimpanan nya sebesar 15 gb, yang bisa digunakan para guru dan siswa untuk menyimpan tutorial, materi, dan tugas – tugas. Google drive ini bisa diakses melalui semua perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, maupun perangkat tablet.

4. Google Calendar
Dalam Google Workspace for Education tersedia google calendar. Walaupun fungsi dasarnya menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun, dengan fitur ini guru dan murid dapat mengatur jadwal untuk kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Selain itu melalui google calendar sekolah juga dapat mencantumkan agenda atau pengumuman yang berhubungan dengan proses kegiatan belajar mengajar. Dan semua itu terintegrasi untuk semua anggota dalam satu workspace sekolah.

5. Google Meet
Selama pandemi berlangsung sekolah memutuskan untuk diliburkan sementara, kegiatan belajar mengajar dilakukan tanpa adanya pertemuan tatap muka dan digantikan melalui pertemuan secara online melalui video conference. Fitur yang digunakan disini adalah google meet.
Google meet yang menjadi fitur dalam workspace for education, dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar. Seperti melakukan chat, video call, serta video call secara group untuk penyampaian materi mata pelajaran. Dengan adanya fitur google meet, proses ajar materi dapat dilakukan dari berbagai tempat terpisah antara para murid dan gurunya.

6. Google Office (Docs, Spreadsheet, Dan Slide)
Berbeda dengan google office umum, google office dalam Google Workspace for Education dapat untuk melakukan kerja kolaborasi secara bersamaan dan real-time, yang artinya tidak perlu harus saling tunggu giliran karena dapat bekerja secara bersamaan dalam satu waktu. Misalnya, jika guru memberikan tugas secara kelompok, cukup dengan membuat satu file baru dan undang anggota kelompok untuk mengakses file tersebut untuk mengerjakan secara bersamaan.

7. Google Site
Salah satu fitur dalam google for education dalam workspace yang bisa dipakai untuk membuat website satu sekolah. Dalam fitur ini dapat diatur berbagai macam mulai dari isi konten, desain web, menu, dan lain – lain sesuai keinginan dan kebutuhan untuk web sekolah. google sites juga dapat dipakai untuk membuat media pembelajaran. contoh penggunaan google sites untuk media pembelajaran dapat dilihat pada Media Pembelajaran yang ada di blog ini

Itulah fitur – fitur yang tersedia dalam google for education untuk mendukung transformasi dalam kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi, yang harus dilakukan secara terpisah dari rumah masing – masing. Dan sangat mungkin untuk tetap dapat digunakan untuk dimasa mendatang walaupun pertemuan tatap muka secara langsung sudah berjalan.

Di Indonesia, pemanfaatan Google for education sudah dimulai sejak pandemi covid, bahkan setiap pendidik, tenaga kepandidikan dan siswa di indonesia sudah diberikan akun belajar.id. hanya saja pemanfaatannya belumlah optimal. Sudah banyak program yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemanfaatan google for education ini, akan tetapi masih banyak pendidik dan peserta didik yang belum memanfaatkan bahkan belum mengetahui akun emailnya.

Apa itu akun belajar.id dapat dilihat pada artikel Mengenal Akun Belajar.id di blog ini

Akun Belajar.id


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengapresiasi hal ini dengan mewujudkan sebuah program yang bernama Sekolah Berbasis Digital yang resmi diluncurkan pada Jumat, 10 Desember 2020. Sekolah berbasis digital ini merupakan jalur komunikasi resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada peserta didik, kepala sekolah, guru dan operator sekolah di semua jenjang satuan pendidikan.

MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM AC KENDARAAN RINGAN

 

Media pembelaaran ini mengguakan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) yang dapat digunakan untuk Pembelajaran sistem kelistrikan pada kendaraan ringan.

MEDIA PEMBELAJARAN MOTOR BAKAR

Media Pembelajaran ini menggunakan aplikasi google sites untuk mata pelajaran Dasar Dasar Otomotif sub kompetensi Motor Bakar.

silahkan rekan rekan dapat menggunakan media pembelajaran ini untuk membantu dalam proses pembelajaran di kelas. Media pembelajaran ini sudah dilengkapi dengan test sebagai tolak ukur pemahaman peserta didik yang nilainya dapat dilihat secara langsung serta sudah memiliki menu navigasi untuk memudahkan siswa/pendidik dalam menggunakan media pembelajaran ini.

Dalam media pembelajaran ini juga ada beberapa video yang dapat membantu pemahaman siswa dalam memahami motor bakar.


silahkan rekan rekan dapat langsung menuju ke Media Pembelajaran dengan KLIK DISINI

atau juga dapat menuju link berikut https://sites.google.com/view/dasardasarotomotif/

terus berkarya, berinovasi, berkolaborasi dan berbagi untuk kemajuan dunia pendidikan.