My Aktivitas

berbagai kegiatan yang telah dilakukan baik pelatihan, pembelajaran ataupun yang lain.

TUTORIAL

Tutorial yang berupa panduan dalam menjalankan aplikasi baik berbasis web maupun aplikasi.

INFORMASI DIKLAT ATAUPUN KEGIATAN LAINNYA

berbagai macam informasi/berita yang berkaitan dengan dengan pendidikan.

APLIKASI BERBASIS WEB DAN MS EXCELL

Aplikasi berbasis Website ataupun Aplikasi berbasis Excell untuk dunia pendidikan.

PERANGKAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM)

RPP, Silabus, Modul/Bahan Ajar dan yang lain untuk Kompetensi keahalian teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

ARTIKEL

berbagai macam artikel baik untuk dunia pendidikan ataupun penelitian .

MODUL/BUKU/MATERI

Kumpulan Modul/Buku Panduan/Materi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya untuk Pendidik.

COACHING CLINIC PembaTIK Lvl 4 (Part 1) / PembaTIK 2022

Sebelum Peserta PembaTIK level 4 melaksanakan kegiatan dengan tema yaitu “Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar”, oleh Instruktur dan Pendamping dari Propinsi DY diberikan bekal/coaching agar nantinya dapat melaksanakan kegiatan dan mengerjakan tugas tugasnya dengan baik

Instruktur dan Pendamping untuk peserta PembaTIK level 4 Propinsi DIY adalah :

💻 Pusdatin Kemdikbudristek 💻
✅ Bapak Donie Margavianto Nurrokhman
✅ Bapak Putra Gama Swara
✅ Ibu Akila Syifa Salsabila

💻 DRB 💻
#1 Bapak Sigit Suryono
#2 Ibu Nur Ernawati
#3 Ibu Yuli Nestiyarum
#4 Bapak Bakhtiar Rifai
#5 Bapak Syaiful Jamal
#6 Bapak Hamrah Surianto

Coaching 1 (Hari Pertama) yang dilaksanakan pada hari Senin 17 Oktober 2022 pada pukul 18.30-20.30 WIB.

Sesi 1 Pemaparan dari Bapak Putra Gama Swara dari Pusdatin
Dalam paparannya menjelaskan alur kegiatan selama mengikuti pembatik level 4 dan hal hal yang harus diperhatikan dalam mengikuti PebaTIK level 4 agar bisa menyelesaikan dengan baik
Adapun alur yang wajib diikuti antara lain :
- Kuliah Umum dan Bimtek sinkronus
- Penugasan yang terdiri dari Implementasi berbagi dan berkolaborasi yaitu dengan Tatap Muka/Maya,  - Vlog dan Blok
- Aktivitas diskusi
________________________________________________________

Sesi 2 Pemaparan dari Bapak Sigit Suryono (DRB Prop DI Yogyakarta 2019) untuk materi PUBLIKASI KARYA TULIS UNTUK PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Dalam paparan yang diberikan adalah cara cara menulis karya tulis dan mempublikasikan karya tulis yang telah kita buat ke dalam blog pibadi atau media lain. Dalam intinya untuk membuat karya tulis ilmiah tidaklah sulit karena karya ilmiah dapat dimulai dari mengadakan survey baik dengan google form maupun dengan metode lainnya yang dapat kita jadikan bahan dalam membuat karya tulis. Yang paling susah ada adalah meluangkan waktu dan mempertahankan konsistensi kita dalam menulis

agar bisa secara kontinyu menulis sebuah artikel yang paling uatama dalah luangkan waktu untuk sekedar menuliskan apa yang telah kita lalui terutama setelah mengikuti sebuh kegiatan dan dipostkan di blog kita sendiri

Materi untuk sesi pertama dapat di lihat pada postingan ModulPembatik 14 pada blog ini
________________________________________________________

Sesi 3 Pemaparan dari Bapak Bakhtiar Rifai (DRB Prop DI Yogyakarta 2021) untuk materi MEMBANGUN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI DALAM PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR

Dalam paparan yang diberikan adalah pentingnya berkolaborasi dengan cara melakukan komunikasi yang baik agar dalam melakukan suatu kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Materi dalam sesi 3 ini secara detail dapat dilihat pada Modul Pembatik 15 pada blog ini
________________________________________________________

Sesi 4 Pemaparan dari Ibu Yuli Nestiyarum (DRB Prop DI Yogyakarta 2020) untuk materi Strategi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial

Dalam paparannya menitik beratkan bahwa sebagai seorang pendidik kita wajib untuk memanfaatkan media Sosial untuk hal yang positif terutama untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pendidikan.

Dipaparkan juga mengenai cara/strategi yang baik dalam memanfaatkan Media Sosial dan berbagai pengalaman dalam memanfaatkan Media Sosial dalam dunia penndidikan.

Materi ini secara detal dapat dilihat pada Modul Pembatik 16 pada blog ini



untuk Hari Kedua dapat dilihat pada COACHING CLINIC PembaTIK Lvl 4 (Part 2) pada bloh ini

Terima kasih kepada para pembimbing dan instruktur untuk Propinsi DIY yang telah sangat membantu peserta terutama penulis sehingga yang awalnya tidak tahu menjadi tahu dan bersemangat mengenai apa yang harus dilakukan untuk mengikuti Pembatik level 4 ini.

Motivasi dan bimbingan dari para instruktur dan pembimbing menjadikan beban para peserta khsususnya penulis menjadi ringan. Semoga dengan bekal yang telah diberikan menjadikan modal dasar penulis untuk menuntaskan PembaTIK level 4.


Modul PembaTIK 16 Strategi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial

 

Media sosial sendiri mengalami peningkatan penggunaan, digunakan untuk berbagai macam hal seperti networking, menjaga hubungan dengan teman, keluarga dengan saling melihat kegiatan mereka melalui akun media sosialnya. Media sosial juga menjadi sarana mencari teman baru, untuk berbelanja, bahkan mendapat kesempatan pekerjaan ataupun mencari kegiatan bermanfaat seperti pelatihan dan kegiatan webinar. Setiap platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok dan lainnya memiliki kebijakan penggunaan dan sensor konten masing-masing yang wajib ditaati oleh para penggunanya. Namun demikian tetap ada informasi-informasi yang tidak tepat atau disebut juga dengan hoaks. Kewajiban kita lahsebagai pengguna untuk dapat menyaring dulu informasi yang diterima melakukan pengecekan sebelum memutuskan untuk dibagikan kembali.

Media sosial wajib digunakan sebagai sarana positif untuk mempercepat dan memperluas segala hal baik yang dapat membawa dunia Pendidikan ke arah yang lebih baik. Produksi dan bagikanlah konten-konten edukatif, informatif danbertujuan untuk kebaikan dalam platform media sosial kita.

Jadikanlah kegiatan berbagi konten edukatif dengan memanfaatkan media sosial menjadi kebiasaan dan budaya berbagi didorong agar tujuan pendidikan makin berkualitas, terjangkau dan dimanfaatkan oleh siapa saja. Berbagi bukan hanya berbagi dalam kerangka kedermawanan (charity) namun lebih dari itu berbagi untuk pengembangan dan pemberdayaan pendidikan yang lebih bermutu khususnya membangun semangat gotong royong dan mewujudkan kebijakan merdeka belajar.

Untuk lebih detailnya dapat sahabat lihat pada modul di bawah ini


Modul PembaTIK 15 MEMBANGUN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI DALAM PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR



Dalam modul ini ada beberapa materi yaitu :
Materi 1: Komunikasi Efektif
Tujuan Belajar:
▪ Menjelaskan Konsep Komunikasi Intrapersonal, Interpersonal, dan Publik
▪ Menguraikan elemen-elemen dalam komunikasi intrapersonal, Interpersonal, dan Publik
▪ Menjelaskan Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Berkomunikasi
▪ Tips dan trik Berkomunikasi Efektif
▪ Menerapkan Tips dan trik Berkomunikasi Efektif

Materi 2: Negosiasi dan Diplomasi Tujuan Belajar:
▪ Menjelaskan Konsep Negosiasi dan Diplomasi
▪ Menyusun Strategi Negosiasi dan Diplomasi dengan Stakeholder

Materi 3: Strategi Berkolaborasi dalam Pemanfaatan Rumah Belajar Secara Tatap Muka / Langsung
Tujuan Belajar:
▪ Menjelaskan konsep kolaborasi dalam pemanfaatan Rumah Belajar secara tatap muka/langsung
▪ Menyusun strategi berkolaborasi dalam pemanfaatan Rumah Belajar secara tatap muka/langsung
▪ Menjelaskan contoh praktik baik berkolaborasi dalam Pemanfaatan Rumah Belajar secara tatap muka/langsung

Secara lengkap dapat dilihat pada modul di bawah ini

Modul PembaTIK 14 PUBLIKASI KARYA TULIS UNTUK PENGEMBANGAN PROFESI GURU


Tujuan modul ini adalah Membekali Sahabat Rumah Belajar dengan kemampuan membaca, menganalisis data, memprediksi, mengantisipasi, dan menuangkan gagasan secara tertulis, baik tulisan ilmiah populer, maupun karya tulis ilmiah tentang pemanfaatan Rumah Belajar, best practice pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, dan inovasi-inovasi pembelajaran berbasis TIK lainnya.


Sedangkan tujuan khusus Bahan Ajar 14 adalah Sahabat Rumah Belajar dapat:
− Mendiskripsikan teknik penulisan karya tulis ilmiah
− Mendiskripsikan teknik penulisan artikel ilmiah populer.
− Mempublikasikan ide/gagasan/pemikiran melalui artikel ilmiah populer di Blog pribadi, Blog PENA dan karya tulis ilmiah di Jurnal Teknodik.

Secara garis besar materi dalam modul ini adalah
Kegiatan Belajar 1 - Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Kegiatan Belajar 2 : Penulisan Artikel Ilmiah Populer
Kegiatan Belajar 3 : Publikasi Artikel Ilmiah di Blog Pena dan Jurnal Teknodik

Untuk lebih detailnya dapat sahabat lihat pada modul di bawah ini

Modul Pemeliharaan Mesin Semester 2 Kurikulum 2013


Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Teknik Kendaraan Ringan merupakan mata pelajaran kompetensi keahlian yang diberikan kepada siswa kelas XI dan XII.

Bagi rekan rekan guru ataupun siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dapat mendownload Buku Elektronik Pemeliharaan Mesin Teknik Kendaraan Ringan semester 1 untuk kutikulum 2013 di bawah ini.

Modul Pemeliharaan Mesin Teknik Kendaraan Ringan (Semester 1)


Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Teknik Kendaraan Ringan merupakan mata pelajaran kompetensi keahlian yang diberikan kepada siswa kelas XI dan XII.
Adapun materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran TDO yaitu :
1. perawatan sistem utama Engine dan mekanisme katup
2. perawatan sistem pelumasan
3. perawatan sistem pendinginan
4. perawatan sistem bahan bakar bensin konvensional/karburator
5. perawatan sistem bahan bakar bensin injeksi (Electronic Fuel Injection/EFI)
6. cara Perawatan Engine Management System (EMS)
7. sistem bahan bakar diesel Common Rail, diesel pompa injeksi In-Line dan pompa injeksi Rotary

Bagi rekan rekan guru ataupun siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dapat mendownload Buku Elektronik Pemeliharaan Mesin Teknik Kendaraan Ringan semester 1 untuk kutikulum 2013 di bawah ini.


untuk melihat / mengunduh modul silahkan klik MODUL PEMELIHARAAN MESIN TKRO

APLIKASI RAPORT BERBASIS EXCEL


Aplikasi Raport ini dikemas dalam bentuk file Excel atau (.xls), jadi bukanlah sebuah software atau program yang harus di instal terlebih dahulu. Tetapi cukup dibuka dan dapat di simpan pada seluruh direktori komputer terutama Flashdisk dan tidak memberatkan kinerja komputer.

Selanjutnya dalam Aplikasi ini sudah diatur sedemikian rupa secara otomatis, sehingga memudahkan Guru dalam mengisi identitas serta nilai Peserta Didik pada Semester Gasal dan Genap.

untuk tutorial penggunaannya dapat dilihat pada video di bawah ini


untuk filenya dapat diunduh pada link  disini

untuk tutorial dalam bentuk pdf dapat diunduh pada link disini