My Aktivitas

berbagai kegiatan yang telah dilakukan baik pelatihan, pembelajaran ataupun yang lain.

TUTORIAL

Tutorial yang berupa panduan dalam menjalankan aplikasi baik berbasis web maupun aplikasi.

INFORMASI DIKLAT ATAUPUN KEGIATAN LAINNYA

berbagai macam informasi/berita yang berkaitan dengan dengan pendidikan.

APLIKASI BERBASIS WEB DAN MS EXCELL

Aplikasi berbasis Website ataupun Aplikasi berbasis Excell untuk dunia pendidikan.

PERANGKAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM)

RPP, Silabus, Modul/Bahan Ajar dan yang lain untuk Kompetensi keahalian teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

ARTIKEL

berbagai macam artikel baik untuk dunia pendidikan ataupun penelitian .

MODUL/BUKU/MATERI

Kumpulan Modul/Buku Panduan/Materi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya untuk Pendidik.

GAME STRATEGI

 

Rise of Nations

Dikutip dari https://id.wikipedia.org/

Rise of Nations adalah sebuah permainan komputer bergenre strategi waktu nyata yang dikembangkan oleh Big Huge Games dan diterbitkan oleh Microsoft pada 20 Mei 2003Rise of Nations menampilkan 18 bangsa yang dapat dimainkan selama 8 zaman sejarah dunia.

Pada 28 April 2004, Big Huge Games merilis Rise of Nations: Thrones and Patriots, seri ekspansi dari permainan ini. Tahun berikutnya, edisi emas permainan ini yang memuat edisi awal dan seri ekspansinya diterbitkan.

 

 

Penjelasan Umum

Rise of Nations menggunakan konsep permainan "daerah". Pemain hanya dibolehkan membangun bangunan di dalam wilayah pemain tersebut atau wilayah sekutunya. Membesarkan wilayah dapat dilakukan dengan membangun kota, benteng, peningkatan riset, dan mengumpulkan sumber daya langka.

Secara garis besar pada game ini terdapat enam sumber daya di Rise of Nations, lima di antaranya (MakananKayuLogamMinyak bumi, dan Uang) kebanyakan digunakan untuk membangun unit dan bangunan. Sumber daya keenam, Pengetahuan, digunakan untuk meriset (researching) teknologi, walaupun sumber daya pengetahuan juga penting untuk pembuatan rudal dan dua bangunan keajaiban terakhir (Supercollider dan Program Antariksa). Beberapa sumber daya hanya tersedia setelah pemain tiba pada zaman tertentu; sebagai contoh, pemain tidak dapat mengumpulkan minyak bumi sampai mereka telah memasuki Era Industri karena minyak bumi tidak dibutuhkan hingga setelah Revolusi Industri.

Untuk lebih detailnya silahkan baca di https://id.wikipedia.org/wiki/Rise_of_Nations

Alasa memilih mengulas game ini adalah dalam game ini kita tidak bisa hanya menghafalkan suatu gerakan seperti kebanyakan di game online/offline lainnya. Dalam game ini dibutuhkan sebuah rencana yang akan beruah ubah sesuai dengan kondisi yang ada yang secara tidak langsung walaupun kita bermain game tetapi juga akan melatih kita untuk membuat rencana yang bisa berubah ubah sesuai dengan apa yang sedag terjadi agar kita dapat mencapai apa yang kita inginkan tidak semata mata menghafalkan suatu gerakan ataupun menghafalkan petalokasi dimana kita akan mendapatkan senjata/alat.

Dengan demikian walaupun kita bermain sebuah game akan tetapi tanpa disadari kita akan melatih kemampuan kita tidak pada kemampuan motorik tetapi juga akan memperkuat ketrampilan kita secara logika agar kita dapat bertahan dan berhasil dalam sebuah permainan. Yang akan membuat kita lebih berpikiran dewasa dan menggunakan logika dalam mengambil sebuah keputusan.

Berikut nilai edukasi yang terdapat dalam Rise Of Nations

·         Memberikan wawasan bagaimana mengelolah sebuah wilayah

·         Memberikan gambaran bangunan-bangunan kejaiban dunia

·         Mensimulasikan tata kota yang baik dan hal yang perlu diprioritaskan pada pembangunan sebuah negara

·         Mengatur sebuah strategi perperangan untuk bisa bertahan ataupun memenangkan sebuah permainan

DUNIA OTOMOTIF

SEJARAH PERKEMMBANGAN MOTOR BAKAR

Sejarah motor bakar mengalami perkembangan yang menggembirakan sejak tahun 1865. Pada tahun tersebut Lenoir mengembangkan mesin pembakaran dalam tanpa proses kompresi. Campuran bahan bakar dihisap masuk silinder dan dinyalakan sehingga tekanan naik, selanjutnya gas pembakaran berekspansi yang mendorong piston. Langkah berikutnya gas pembakaran dibuang, piston kembali bergerak menghisap campuran bahan bakar udara dengan menggunakan energi yang tersimpan dalam roda gila. Mesin Lenoir pada tahun 1865 diproduksi sebanyak 500 buah dengan daya 1,5 hp pada putaran 100 rpm

Mesin berikutnya yang lebih efesien dari mesin Lenoir adalah Otto langen engine. Mesin ini terdiri dari piston yang tidak dihubungkan dengan poros engkol, tetapi piston bergerak bebas secara vertikal pada proses ledakan dan  tenaga. Setelah itu, secara gravitasi piston bergerak turun dan terhubung dengan gigi pinion diteruskan ke roda gila. Selanjutnya energi yang tersimpan dalam roda gila digunakan oleh piston untuk energi langkah hisap. Pada langkah hisap  campuran bahan bakar udara masuk silinder untuk pembakaran.

Generasi Pertama
 

Generasi Kedua
  
Konsep-konsep untuk menaikkan efisiensi mesin pembakaran dalam terus dialakukan oleh para peneliti . Pada tahun 1862 di Prancis, Beau de Rochas menulis prinsip dasar untuk efisiensi sistem mesin pembakaran dalam. Adapun prinsip dasar dari mesin Rochas adalah 

  1. Langkah pertama adalah langkah hisap pada waktu piston bergerak menjauh ruang bakar. Campuran bahan bakar udara masuk ruang bakar.
  2. Langkah kedua adalah mengkompresi campuran bahan bakar udara selama piston bergerak menuju ruang bakar.
  3. Langkah ke tiga adalah penyalaan dan pembakaran, terjadi ekspansi dan piston bergerak menjauh dari ruang bakar.
  4. Langkah ke empat adalah pembuangan pada waktu piston menuju ruang bakar.
      

Tahun 1876 oleh orang jerman Nicolas August Otto membuat mesin dengan  konsep Beau de Rochas, dan mengajukan paten atas namanya Mulai saat itu, semua mesin yang dibuat sama dengan mesin Otto, sehingga sampai sekarang siklus yang terkenal adalah siklus Otto.


RPP Perawatan Sistem Kopling

Berikut ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Sistem Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Otomotif Kelas XI

semoga dapat membantu rekan rekan dalam menyusun administrasi guru terutama untuk RPP

RPP Mendiagnosis Kerusakan Sistem Kopling

Berirkut ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk Mata pelajaran Sistem Sasis dan Pemindah tenaga Kendaraan Ringan Otomotif Kelas XII tentang Diagnosis Kerusakan Sistem Kopling.

semoga dapat membantu rekan rekan dalam menyusun administrasi guru


VLOG 1 TATAP MAYA (PembaTIK 2022)

 

Di vlog 1 ini adalah sebuah bukti dalam mengerjakan Tugas Pembatik Level 4 tahun 2022 yang bertema “Berbagi dan Bertranformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital menuju Merdeka Belajar”

Vlog 1 merupakan kisah perjalanan yang dilakukan untuk dapat berbagi praktik baik secara tatap maya/online.dimulai dari kegiatan bincang SRB pada tanggal 25 Oktober 2022 yang berkolaborasi dengan rekan SRB Propinsi DI Yogyakarta, kemudian berbagi praktik baik pada kegiatan OHM Pelatihan Microsoft pada tanggal 27 Oktober 2022 dan yang terakhir adalah pada kegiatan pertemuan rutin MGMP TKRO pada tanggal 28 Oktober 2022.

Untuk kegiatan berbagi praktik baik secara tatap muka baru dapat dilaksanakan mulai tanggal 7 November 2022 dikarenakan dissuaikan dengan agenda kegiatan setiap sekolah yang sudah mengijinkan untuk melakukan praktik baik.

Detail perjalanan vlog 1 Tatap Maya dapat dilihat pada postingan  BincangSRB Pembatik level 4 Prop DI YogyakartaSekali Merengkuh Dayung 2 atau 3 Pulau Terlampaui pada kegiatan OHM dan Berbagi Praktik Baik di MGMP TKRO LP Maarif NU DIYogyakarta di blog ini.

BERBAGI PRAKTIK BAIK DI MGMP TKRO LP MAARIF NU DI YOGYAKARTA (PembaTIK 2022)

Hari Jumat 28 Oktober 2022 merupakan hari dimana saya bisa memecahkan rekor untuk melakukan meting secara virtual.

Ada 5 kegiatan yang diikuti pada hari itu dimulai dari jam 08.00 WIB dalam kegiatan coaching clinic bagi Calon Pengajar Praktik angkatan 8 untuk Guru Penggerak kemudian jam 9.15 WIB kegiatan hari terakhir Pelatihan Pro Tecnician dari Daihatsu dilanjutkan dengan pertemuan MGMP TKRO LP Maarif NU DI Yogyakarta pada jam 13.30 WIB, di jam 15.00 WIB meakukan pendampingan untuk Peserta Pelatihan Microsoft OCM V untuk Group 2 dan yang terakhir pada jam 19.30 WIB di kegiatan tecnical meeting Pelatihan Chatbox untuk Guru dan Dosen dari seluruh Indonesia yang diikuti oleh + 150 peserta.

Disela sela aktivitas mengikuti kegiatan tersebut berbagi praktik baik dalam pross pmbelajaran dapat saya lakukan pada pertemuan rutin MGMP TKRO LP Maarif NU DI Yogyakarta.

MGMP TKRO LP Maarif NU DI Yogyakarta merupakan wadah bagi guru TKRO yang mengajar di SMK dibawah naungan LP Maarif se propinsi Yogyakarta.

Dari pertemuan ini diskusi yang menurut saya menarik setelah berbagi praktik baik adalah rekan rekan guru TKRO merasa kesulitan saat melakukan aksi nyata sebagai bagian akhir dalam menyelesaikan modul pada Platform Merdeka Mengajar. Kami guru TKRO atau orang lebih mengenal sebagai guru produktif atau guru kompetensi keahlian dalam proses pembelajarannya jika akan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK terutama untuk kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan masih belumnya semuanya ada dan kebanyakan adalah di chanel youtube yang jika dilihat banyak yang tidak sesuai dengan SOP.

Secara umum apabila untuk melakukan praktik baik seperti mendokumentasikan kegiatan pembelajaran sangatlah dirasa “tidak mungkin”. Hal ini disebabkan karena 1 guru produktif saat melakukan pembelajaran praktik bisa terdiri dari berapa sub komponen sebagai contoh untuk mata pelajaran Sistem Sasis dan Pemindah Tenaga pada saat melakukan pembelajaran praktik 1 guru akan membimbing dan mengawasi lebih dari 5 kelompok yang melakukan pekerjaan berbeda dengan SOP yang berbeda pula. Karena dalam sistem sasis dan pemindah tenaga ada beberapa sub sistem lagi diantaranya transmisi manual, transmisi otomatis, sistem kopling, sistem kemudi, sistem sasis, sistem poros propller, sistem gardan/differensial, sistem penggerak roda, roda dan ban, FWA, Sporing dan balancing, sistem rem. Ditambah lagi di stiap sub komptensi trsbut masih ada bebrbagai jenis yang dalam melakukan pembongkaran, pemeriksaan dan pemasangan juga menggunakan SOP yang berbeda pula.

Jika akan dilakukan untuk per satu sub kompetensi hal ini tidaklah mungin karena tidaklah mungkin 1 media pembelajaran praktik akan digunakan lebih dari 15 siswa.

Memang semua permasalahan tersebut bukanlah akan dijadikan sebuah alasan untuk tidak dapat berbagai praktik baik, dengan dorongan dan niat yang tinggi tidaklah mungkin bisa mendokumntasikan kegiatan pembelajaraan yang nantinya dapat dibagikan kepada rekan rekan yang lain. Walupaun itu pasti memerlukan waktu khusus.

Tetap semangat untuk terus berbagi praktik baik walaupun bukan dalam bentuk video/foto tetapi kita masih bisa berbagi dngan saling berbagi pengalaman saat ada pertemuan ataupun bertemu di sela sela kegiatan.

Semoga dengan adanya pertemuan tersebut dapat membangkitkan semangat rekan rekan guru TKRO khususnya di MGMP TKRO LP Maarif NU DIY untuk setidaknya melakukan aksi nyata yaitu membuat dokumentasi praktik baik sehingga nantinya bisa diupload ataupun disebarkan ke rekan rekan guru yang lain sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan proses pembelajaran. Walaupun tidak sepenuhnya bisa dilakukan karena adanya kondisi dan situasi di sekolah yang berbeda beda
 



PRAKTIK BAIK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY

  

Alasan dalam melakukan praktik baik memilih metode discovery inquiry karena pada saat melakukan pembelajaran untuk mata pelajaran Dasar Otomotif yang menggunakan kurikulum merdeka menurut pribadi saya memang sangat baik.

hal ini didasari bahwa salah satu kandungan dalam kurikulum merdeka adalah pembentukan karakter peserta didik atau sering disebut dengan Profil Pelajar Pancasila. Dalam metode pembelajaran Discovery Inquiry memungkinkan kita untuk melatih peserta didik untuk berpikir kritis, mandiri, dan kreatif.
pada praktik baik yang saya lakukan seperti yang ada di video diatas secara garis besar langkah langkah yang ditempuh adalah :
1. Perencanaan
langkah ini adalah perencanan dalam menentukan capaian pemblajaran dan alur pembelajaran dari materi yang akan diajarkan, setelah ditentukan kmudian kita mencari sumber belajar yang nantinya akan kita jadikan stimulus/ransangan kepada siswa.
pemilihan sumber belajar ini dapat didapatkan dari rumah belajar ataupun dari sumber sumber lain. dalam hal ini dikarenakan belum adanya sumber belajar di portal rumah belajar untuk materi yang akan diajarkan maka sebagai gantinya yaitu membuat video pembelajaran sendiri dan diupload dalam chanel youtube
ada 2 media pembelajaran yang saya jadikan sebagai ransangan untuk siswa yang dapat dilihat pada video dibawah ini
   

2. Pelaksanaan 
setelah mempersiapkan media pemblajaran yang akan digunakan dalam pross pmbelajaran nantinya, langkah yang dilakukan saat plaksanaannya seperti saat kita melakukan pembelajaran yang kita lakukan sehari hari. secara umum langkahnya adalah
a. Awal
   secara umum kegiatan yang dialkukan adalah mengkondisikan kelas agar nyaman saat melakukan proses pembelajaran,berdoa, menanyakan kondisi siswa, absensi, refleksi materi pelajaran sebelumnya dan menyampaikan materi yang akan dipelajari baik tujuan dan pokok materinya
b. Inti
    kegiatan yang dilakukan secara umum yaitu melakukan proses pembelajaran yang dimulai dengan memberikan stimulus/ransangan kepada siswa dngan 2 video pembelajaran yang disiapkan. memberikan beberapa pertanyaan yang nantinya akan disiskusikan oleh peserta didik, setelah peserta didik melakukan diskusi kemudian mempresntasekan hasil diskusi setiap kelompok di depan kelas sambil melakukan diskusi dengan kelompok lain. dan yang terkakhir adalah memberikan reflksi terhadap hasil pekerjaan dan diskusi yang telah dilakukan oleh peserta.
c. Penutup
    secara umum yang dilakukan pada bagian pentutup ini adalah memberikan resume dari materi yang dipelajari, memberikan pertanyaan secara langsung untuk mengtahui siswa sudah memahami materi  dan mmberikan penjlasan untuk pembelajaran berikutnya agar siswa dapat mempersiapkan diri.
 
3.Evaluasi
  yang dimaksud engan evaluasi disini adalah evaluasi terhadap seluruh proses pembelajaran yang tlah dilakukan. apakah telah sesuai dengan tujuan pembelajaran, apakah masih ada kekurangan selama melaksanakan proses pemblajaran dan bagaimana pendapat peserta didik terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung.

secara lengkap untuk praktik baik untuk model pembelajaran Discovery Inquiry dapat dilihat pada video diatas.

semoga dengan brbagi praktik baik ini dapat membantu rekan rekan guru dalam menentukan model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan dengan materi, karakteristik pserta didik, kondisi dan situasi yang ada saat pross pembelajaran karena tidak mungkin di pertengahan proses pembelajaran kita merubah model pembelajaraannya.
sumber belajar tidak harus kita sendiri yang membuat tetapai dapat memanfaatkan sumber sumber belajar yang ada terutama di Rumah Belajar yang disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan.

tetap semangat utuk berkolaborasi, berinovasi dan terus berbagi.
salam rumah belajar