Berikut ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Sistem Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Otomotif Kelas XI
semoga dapat membantu rekan rekan dalam menyusun administrasi guru terutama untuk RPP
berbagai kegiatan yang telah dilakukan baik pelatihan, pembelajaran ataupun yang lain.
Tutorial yang berupa panduan dalam menjalankan aplikasi baik berbasis web maupun aplikasi.
berbagai macam informasi/berita yang berkaitan dengan dengan pendidikan.
Aplikasi berbasis Website ataupun Aplikasi berbasis Excell untuk dunia pendidikan.
RPP, Silabus, Modul/Bahan Ajar dan yang lain untuk Kompetensi keahalian teknik Kendaraan Ringan Otomotif.
berbagai macam artikel baik untuk dunia pendidikan ataupun penelitian .
Kumpulan Modul/Buku Panduan/Materi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya untuk Pendidik.
Berikut ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Sistem Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Otomotif Kelas XI
semoga dapat membantu rekan rekan dalam menyusun administrasi guru terutama untuk RPP
Berirkut ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk Mata pelajaran Sistem Sasis dan Pemindah tenaga Kendaraan Ringan Otomotif Kelas XII tentang Diagnosis Kerusakan Sistem Kopling.
semoga dapat membantu rekan rekan dalam menyusun administrasi guru
Di
vlog 1 ini adalah sebuah bukti dalam mengerjakan Tugas Pembatik Level 4 tahun
2022 yang bertema “Berbagi dan Bertranformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital
menuju Merdeka Belajar”
Vlog
1 merupakan kisah perjalanan yang dilakukan untuk dapat berbagi praktik baik
secara tatap maya/online.dimulai dari kegiatan bincang SRB pada tanggal 25
Oktober 2022 yang berkolaborasi dengan rekan SRB Propinsi DI Yogyakarta,
kemudian berbagi praktik baik pada kegiatan OHM Pelatihan Microsoft pada
tanggal 27 Oktober 2022 dan yang terakhir adalah pada kegiatan pertemuan rutin
MGMP TKRO pada tanggal 28 Oktober 2022.
Untuk
kegiatan berbagi praktik baik secara tatap muka baru dapat dilaksanakan mulai
tanggal 7 November 2022 dikarenakan dissuaikan dengan agenda kegiatan setiap
sekolah yang sudah mengijinkan untuk melakukan praktik baik.
Detail perjalanan vlog 1 Tatap Maya dapat dilihat pada postingan BincangSRB Pembatik level 4 Prop DI Yogyakarta, Sekali Merengkuh Dayung 2 atau 3 Pulau Terlampaui pada kegiatan OHM dan Berbagi Praktik Baik di MGMP TKRO LP Maarif NU DIYogyakarta di blog ini.
Ada
5 kegiatan yang diikuti pada hari itu dimulai dari jam 08.00 WIB dalam kegiatan
coaching clinic bagi Calon Pengajar Praktik angkatan 8 untuk Guru Penggerak kemudian
jam 9.15 WIB kegiatan hari terakhir Pelatihan Pro Tecnician dari Daihatsu
dilanjutkan dengan pertemuan MGMP TKRO LP Maarif NU DI Yogyakarta pada jam
13.30 WIB, di jam 15.00 WIB meakukan pendampingan untuk Peserta Pelatihan
Microsoft OCM V untuk Group 2 dan yang terakhir pada jam 19.30 WIB di kegiatan
tecnical meeting Pelatihan Chatbox untuk Guru dan Dosen dari seluruh Indonesia
yang diikuti oleh + 150 peserta.
Disela
sela aktivitas mengikuti kegiatan tersebut berbagi praktik baik dalam pross
pmbelajaran dapat saya lakukan pada pertemuan rutin MGMP TKRO LP Maarif NU DI
Yogyakarta.
MGMP
TKRO LP Maarif NU DI Yogyakarta merupakan wadah bagi guru TKRO yang mengajar di
SMK dibawah naungan LP Maarif se propinsi Yogyakarta.
Dari
pertemuan ini diskusi yang menurut saya menarik setelah berbagi praktik baik
adalah rekan rekan guru TKRO merasa kesulitan saat melakukan aksi nyata sebagai
bagian akhir dalam menyelesaikan modul pada Platform Merdeka Mengajar. Kami guru
TKRO atau orang lebih mengenal sebagai guru produktif atau guru kompetensi keahlian
dalam proses pembelajarannya jika akan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK
terutama untuk kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan masih belumnya
semuanya ada dan kebanyakan adalah di chanel youtube yang jika dilihat banyak
yang tidak sesuai dengan SOP.
Secara
umum apabila untuk melakukan praktik baik seperti mendokumentasikan kegiatan
pembelajaran sangatlah dirasa “tidak mungkin”. Hal ini disebabkan karena 1 guru
produktif saat melakukan pembelajaran praktik bisa terdiri dari berapa sub
komponen sebagai contoh untuk mata pelajaran Sistem Sasis dan Pemindah Tenaga pada
saat melakukan pembelajaran praktik 1 guru akan membimbing dan mengawasi lebih
dari 5 kelompok yang melakukan pekerjaan berbeda dengan SOP yang berbeda pula. Karena
dalam sistem sasis dan pemindah tenaga ada beberapa sub sistem lagi diantaranya
transmisi manual, transmisi otomatis, sistem kopling, sistem kemudi, sistem
sasis, sistem poros propller, sistem gardan/differensial, sistem penggerak roda,
roda dan ban, FWA, Sporing dan balancing, sistem rem. Ditambah lagi di stiap
sub komptensi trsbut masih ada bebrbagai jenis yang dalam melakukan pembongkaran,
pemeriksaan dan pemasangan juga menggunakan SOP yang berbeda pula.
Jika
akan dilakukan untuk per satu sub kompetensi hal ini tidaklah mungin karena
tidaklah mungkin 1 media pembelajaran praktik akan digunakan lebih dari 15
siswa.
Memang
semua permasalahan tersebut bukanlah akan dijadikan sebuah alasan untuk tidak
dapat berbagai praktik baik, dengan dorongan dan niat yang tinggi tidaklah
mungkin bisa mendokumntasikan kegiatan pembelajaraan yang nantinya dapat
dibagikan kepada rekan rekan yang lain. Walupaun itu pasti memerlukan waktu
khusus.
Tetap
semangat untuk terus berbagi praktik baik walaupun bukan dalam bentuk video/foto
tetapi kita masih bisa berbagi dngan saling berbagi pengalaman saat ada
pertemuan ataupun bertemu di sela sela kegiatan.
Alasan dalam melakukan praktik baik memilih metode discovery inquiry karena pada saat melakukan pembelajaran untuk mata pelajaran Dasar Otomotif yang menggunakan kurikulum merdeka menurut pribadi saya memang sangat baik.
itulah pepatah yang dijadikan judul dalam postingan kali ini. ini dilakukan pada saat menyelesaikan pelatihan PembaTIK level 4 Tahun 2022. mengingat waktu yang diberikan tidak seperti tahun tahun sebelumnya, pepatah itulah yang dapat menggambarkan langkah yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas yang di berikan pada pelatihan pembaTIK level 4 Prop DI Yogyakarta tahun 2022.
Waktu yang bersamaan merupakan hal yang mungkin akan kita alami saat mengikuti ataupun diberi tugas untuk melakukan suatu kegiatan. itulah yang saya almi di bulan Oktober sampai dengan bulan November 2022. dimulai dari Pelatihan Pembuatan Chatbox bagi Pendidik yang diselenggarakan oleh VEA yang bekerja sama dengan a14impact/OCEAN/ERAMUS Studio dan EUROPA Union pada awalnya direncanakan dari tanggal 12 s.d 29 September 2022 sampai akhirnya brakhir pada tanggal 10 Oktober 2022, Pelatihan OCM 5, Skil Contest Daihatsu, Platihan Pro Tecnician Dahihatsu, Pelatihan Guru Pendobrak, Supervisi Akademik, masih lagi pada tanggal 27 Oktober mendapatkan email/pesan whatApss bahwa untuk mempersiapkan memasuki seleksi 2 untuk Calon Pengajar Praktik bagi Guru Penggerak.
ini masih ditambah lagi dengan adanya Pelathan secara online di Ikatan Guru Indonesia yaitu pelatihan Filmora dan pelatihan Tingkat Lanjut untuk membuat Blog, Pelatihan dari Guru Inovasi untuk Pembuatan media Pembelajaran, dan 3 buah pelatihan dari Seri Guru blajar dan Berbagi pada awal bulan November 2022.
dengan pepatah seperti yang ada di judul maka dengan metode pelatihan yang dilakukan secara online sangatlah mungkin dapat saya lakukan.
berbagi praktik baik sesuai dengan tugas yang diberikan di PembaTIK Lvl 4 ini dapat saya barngan pada saat mlakukan pendapingan bagi peserta OCM 5 pelatihan Microsof saat melakukan OHM (One Hours Meting). kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis 27 Oktober 2022. pukul 19.30 WIB melalui meet microsoft.
sebagai salah satu mentor dalam pelatihan OCM 5 ini diwajibkan untuk melakukan pendampingan kepada peserta. sehingga kegiatan OHM ini saya manfaatkan sekaligus untuk berbagi praktik baik pemanfaatan fitur rumah belajar dalam pross pemblajaran, hal ini juga diuntungkan karna peserta pelatihan banyak yang berprofesi sebagai guru/pendidik.
hal yang paling mengejutkan adalah walaupun telah menjadi guru sebagian peserta OCM 5 belum mengetahui kegiatan pembaTIK, untuk portal rumah belajar sebagian besar sudah mengetahui bahkan ada yang pernah membuka dan menggunakan salah satu fitur yang ada yaitu sumber belajar. sedangkan untuk Platform Merdeka Mengajar semua peserta OCM 5 yang bekerja sebagai Guru/Pendidik sudah login dan sudah mengerjakan modul ttapi belum sampai melakukan aksi nyata.
saat berbagi praktik baik di OHM ini saya bisa memberikan semangat kepada peserta bahwa berbagi melalui praktik baik yang biasa mereka lakukan saat melakukan proses pembelajaran sebagai salah satu kewajiban utama guru dapat memberikan manfaat yang besar bagi bapak ibu guru lain sehingga saat mereka sudah melihat kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di Indonesia dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman untuk menentukan pelaksanaan pmbelajaran yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi di peserta didik dan lingkungan mereka sendiri.
sudah saatnya kita berkolaborasi dan bertransformasi untuk menumbuhkan ekosistem digital melalui merdeka belajar sesuai dengan tema pembaTIK level 4 tahun 2022
terus berinovasi dan berkolaborasi serta berbagi dimana saja kapan saja dan dengan siapa saja