MENCURI ILMU dari adanya SUPERVISI AKADEMIK

 

Itulah salah satu manfaat yang saya dapatkan saat menjadi supervisor saat pelaksanaan Supervisi Akademik. Ini dilakukan dari tanggal 10 Oktober s.d 21 Oktober 2022 di SMK Pembangunan Karangmojo

Banyak ilmu yang saya dapatkan saat melakukan supervisi kepada bapak/ibu guru yang hebat. Dimulai pada hari Senin 10 Oktober 2022 di kelas XI OB saat Bapak Qodri S,Pd melakukan proses pembelajaran baik di kelas maupun saat praktik. metode mengajar yang menyenangkan bagi siswa yang membuat siswa begitu antusias untuk mengikuti proses pembelajaran terutama pada saat praktik. Walaupun tegas tetapi siswa tidak merasakan dalam tekanan saat melaksanakan proses pembelajaran.

Hari Rabu 14 Oktober 2022 di kelas XI TBSM saat Bapak Roli Marfendi, ST melakukan pembelajaran di ruang kelas, keahlian dalam menggunakan media pembelajaran yang menyebabkan siswa dapat memahami secara gamblang materi yang disampaikan, siswa dengan antusias mengikuti pembelajaran karena dapat melihat dan mempraktikannya secara langsung apa yang menjadi materi pembelajaran yang pada waktu itu untuk mata pelajaran Pemeliharaan kelistrikan Sepeda Motor. Kemudian di hari yang sama saat berada di ruang kelas teori Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada kelas XI TKRO jam Mata Pelajaran Pemeliharaan Sistem Kelistrikan Kendaraan Ringan oleh Bapak Purwanto, S.Pd.Tdengan metode pembelajaran yang memadukan antara Problem Basic Learning dengan Inquery Learning membuat siswa termotivasi untuk melakukan Praktik. Sebelum memulai praktik diberikan beberapa permasalahan yang ada pada sistem keliistrikan kemudian siswa berusaha untuk menjawab persoalan tersebut dengan praktik langsung menggunakan media pembelajaran

Pada tanggal 12 Oktober 2022 di ruang teori bengkel TBSM dengan bapak Sumarwoto, saya dapat pengalaman bagaimana mengelola kondisi kelas sehingga siswa merasa nyaman dan terayomi sesuai dengan sifat beliau yang memang sangat mengayomi dan menghormati orang lain bahkan siswa. Ditambah dengan memberikan contoh dalam menggunakan peralatan membuat siswa semakin paham dan semangat dalam belajarnya.

Saat berada di kelas Bapak Purwanto yang mengajar Seni pada hari Senin 17 Oktober 2022. Saya dapat melihat bahwa siswa dapat mengeluarkan semua kreativitasnya dengan bimbingan dari beliau, metode yang digunakan dapat langsung diterima oleh siswa dengan demikian secara spontan siswa dapat mengeluarkan bakat seninya masing masing. Di hari itu juga saat Bapak Sabarudin yang mengajar Mata pelajaran PAI di kelas XI TKRO saya dapat melihat bagaimana siswa mendalami materi yang diajarkan karena metode/cara mengajar yang dapat diterima oleh siswa, membuat siswa merasa nyaman dan tenang saat mengikuti proses pembelajarannya.

Hari selasa tanggal 18 Oktober 2022  merupakan hari yang sangat berharga bagi saya, dalam 1 hari mendapatkan ilmu “mengajar” dan dapat melihat langsung proses pembelajaran dengan berbagai media, metode, teknik mengajar dan masih banyak lagi. Dimulai dari jam 07.30 WIB dengan Ibu Sri Fatmawati pada mata pelajaran Bhs Inggris, saya dapat melihat siswa sangat antusias dalam belajar bahasa inggris yang selama ini bagi anak SMK pelajaran bahasa inggris adalah momok ke dua setelah pelajaran matematika. Secara aktif siswa saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris yang dibuat dialog secara sederhana. Kemudian di hari yang sama pada jam 10.15 saat ikut pembelajaran MIPAS kelas X SC oleh Ibu Putri. Dengan media yang dibawa sendiri oleh siswa yang semuanya bahan secara mudah dapat kita dapatkan di lingkungan. dari media tersebut siswa sangat antusias dalam melaksanakan praktik langsung walaupun dilaksanakan di dalam ruang kelas, cara membimbing dan mendampingi siswa yang sangat baik sehingga siswa merasa diperhatikan. Yang terakhir saat pada jam terakhir yaitu pukul 11.15 WIB. Pada umumnya disaat jam terakhir merupakan jam jam yang paling rawan saat kita memberikan materi keada siswa. Mengingat siswa dari pagi sudah belajar sehingga saat hjam terakhir konsentrasi siswa akan sangat berkurang, apalgi jika mata pelajaran yang diajarkan adalah Bhs Inggris. Tidak demikian dengan ibu Utari saat itu, dengan metode dan gaya mengajar yang sangat mengayomi siswa pembelajaran dapat berjalan dengan baik, komunikasi terjalin antara guru dan siswa walupun banyak menggunakan kata kata dalam bahasa inggris tetapi siswa dengan mudah dalam menangkap dan menjawab semua pertanyaan/perintah yang diberikan.

Saya sendiri sebagai salah satu guru Produktif untuk Kompetensi Keahlian TKRO sangatlah masih jauh dalam kemampuan untuk melaksanakan proses pembelajaran seperti yang bapak ibu lakukan. Smoga dengan ditugaskannya menjadi supervisor ini dan dengan ilmu yang saya dapatkan saat menjalankan tugas sebagai supervisor kedepannya dapat seperti yang Bapak/Ibu lakukan.

Terima kasih atas semua ilmu yang diberikan dan smoga ke depannya masih dapat mencuri ilmu dari bapak ibu guru STEMBAKA lainnya yang hebat hebat.