PEMANFAATAN WEB SEKOLAH UNTUK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI APLIKASI E-LEARNING
LATAR BELAKANG
Pada masa Pandemi Covid-19 yang melanda di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia telah mengubah cara beraktivitas sehari-hari di masyarakat dan mengubah berbagai aturan dari pemerintah untuk mengetatkan aturan pencegahan Covid-19. Pada masa pandemi Covid-19 ini keselamatan dan juga kesehatan siswa, guru dan orang tua menjadi prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran karena faktor kesehatan adalah faktor utama sebagai penunjang prestasi anak. Dengan melihat kondisi saat ini pendidikan di Indonesia merubah arah pembelajaran yang awalnya tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh dengan menggunakan media teknologi. Hal ini sebagai tantangan untuk sekolah terutama para guru dalam merancang dan mengelola pembelajaran yang selama ini dengan proses pelaksanaan pembelajaran melalui tatap muka menjadi pembelajaran dengan jarak jauh yang mana guru dan siswa tidak dapat bertatap muka secara langsung.
Istilah model pembelajaran daring mulanya digunakan untuk menggambarkan sistem belajar yang memanfaatkan pengunaan teknologi internet berbasis komputer (computer-based learning/CBL) (Kuntarto, 2017). Pada pembelajaran daring, siswa diharapkan bisa menguasai atau memahami materi walaupun guru memberikan materi tanpa adanya tatap muka secara langsung dengan perkembangan teknologi. Kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut perubahan cara dan strategi guru dalam mengajar. Guru tidak mungkin menjadi satu-satunya sumber belajar yang mampu menuangkan segala ilmu pengetahuan dan informasi bagi anak didik. Guru hendaknya membimbing siswa untuk menemukan data dan informasi sendiri serta mengolah dan mengembangkannya, oleh karena itu diperlukan adanya upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengubah peran guru sebagai pusat informasi (teacher centered) menjadi berperan sebagai fasilitator, mediator, dan teman yang memberikan kondisi yang kondusif untuk terjadinya konstruksi pengetahuan. Pesatnya perkembangan teknologi di dunia pendidikan menuntut keterampilan guru
Dari kondisi inilah setiap sekolah dan bapak ibu guru dituntut untuk melakukan inovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Setiap sekolah atau guru mencoba berbagai macam cara agar pelaksanaan pembelajaran masih dapat dilakukan tanpa mengesampingkan penguasaan penbetahuan dan ketrampilan, keaktifan dan muatan kurikulum yang dipakai. SMK Bhina Karya 1 Rongkop yang terletak di Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul pada awal pandemik telah mencoba beberapa alternative dalam melaksanakan proses pembelajaran daring diantaranya dengan menggunakan google form, google classroom, ataupun melalui group WA. Dalam pelaksanaannya timbul berbagai macam permasalahannya yaitu beragamnya aplikasi yang digunakan dikarenakan tingkat kemampuan guru yang berbeda beda sehingga menyebabkan siswa merasa terbebani karena disamping harus mempelajari materi mereka juga harus belajar untuk menggunakan aplikasi, rekap dokumen administrasi guru yang tidak bisa tertata dengan baik, sekolah tidak bisa melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran hanya menunggu laporan dari guru dan lain sebagainya.
Dari beberapa hal tersebut maka diperlukan satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di lapangan, satu solusi yang diberikan kepada sekolah adalah memanfaatkan web sekolah untuk melakukan proses pembelajaran secara daring, hal ini dilakukan karena jika menggunakan LMS (Learning Manajemen System) diperlukan biaya yang tidak sedikit dan untuk SMK Bhina Karya 1 Rongkop itu merupakan satu hal yang sangat memberatkan bagi sekolah. Hal ini didukung karena Sekolah telah memiliki Web sehingga tidak memerlukan biaya lagi untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh menggunakan Aplikasi E-learning. Dipilih aplikasi e-learning karena aplikasi berbasis web ini dapat digunakan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya hanya dibutuhkan suatu pengetahuan dan ketrampilan yang dapat memasang aplikasi tersebut secara online.
TUJUAN
Tujuan dari inovasi pemanfaatan web sekolah untuk proses pembelajaran melalui aplikasi e-learning
1. Membantu sekolah dan bapak ibu guru untuk melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh tanpa melupakan dokumen administrasi dan pengawasan proses pembelajaran.
2. Membantu siswa untuk fokus kepada penguasaan dan pemahaman materi tanpa harus memmpelajari beberapa aplikasi yang digunakan bapak ibu guru dalam melakukan proses pembelajaran.
HASIL YANG INGIN DICAPAI
Hasil yang ingin dicapai dan Indikator keberhasilan yang digunakan untuk melihat inovasi pemanfaatan website sekolah untuk proses pembelajaran daring melalui aplikasi e-learning
1. Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh aplikasi yang dipakai.
Indikasinya adalah Pembelajaran Jarak Jauh dapat berjalan dengan normal dilihat dari penyampaian materi, tugas dan keaktifan siswa yang berada pada 60%
2. Sekolah bisa melakukan pengawasan secara online terhadap Kegiatan proses pembelajaran tanpa harus menunggu laporan dari bapak ibu guru
3. Bapak ibu guru bisa mendokumentasikan kegiatan pembelajaran dalam satu aplikasi yang sudah tersimpan dalam satu drive.
4. Siswa dapat dengan mudah mengikuti pembelajaran tanpa harus binggung dan memikirkan aplikasi.
PROSES PELAKSANAAN
Adapun langkah yang dilakukan dalam pemanfaatan web sekolah untuk proses pembelajaran melalui aplikasi e-learning adalah
1. Mencari aplikasi berbasis web untuk proses pembelajaran yang gratis dan didalamnya sudah ada fitur, pemberian materi, pemberian tugas (tugas foto/gambar, dokumen, video), diskusi, memberikan pengumuman, penilaian (soal pilihan ganda, esai singkat), pengawasan, dan backup dokumen.
Dari berbagai aplikasi yang ada maka dipilih aplikasi e-learning karena sesuai dengan kebutuhan sekolah dan bapak ibu guru serta penggunaannya sangat mudah.
Adapun tampilan aplikasi e-learning seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini
2.Mengujicoba aplikasi e-learning yang dijalankan melaluo localhost, setelah bisa dijalankan dengan melakukan perubahan kemudian dipasang pada web sekolah.
3. Ujicoba penggunaan aplikasi e-learning kepada bapak ibu guru dan siswa.
4. Memberikan pelatihan kepada bapak ibu guru, siswa dan operator admin untuk bisa menjalankan aplikasi e-learning
5. Melakukan evaluasi untuk 1 x setiap bulan saat awal penggunaannya dan 2 bulan sekali setelahnya aplikasi sudah dijalankan, baik melalui survey ataupun bertanya langsung kepada bapak ibu guru dan siswa.
HASIL YANG DICAPAI
Hasil yang didapat adalah aplikasi e-learning di SMK Bhina Karya 1 Rongkop sudah dapat digunakan sejak awal pandemic covid, sehingga proses pembelajaran jarak jauh selama pandemi dapat berjalan dengan lancar yang berarti aplikasi e-learning sudah digunakan selama + 1,5 tahun sejak awal pandemi. Pihak sekolah ataupun menejemen mutu sekolah bisa melihat aktifitas pembelajaran dan dokumen hasil pembelajaran setiap saat tanpa harus menunggu laporan dari bapak ibu guru. Siswa dapat mengikuti proses pembelajaran jarak jauh dengan mudah, dapat berdiskusi dengan guru dalam satu aplikasi serta dengan mudah sekali masuk ke aplikasi bisa mempelajari materi dan mengerjakan tugas serta melihat hasil nilai dari tugas yang telah dikerjakan.
KESIMPULAN
Penggunaan Aplikasi E-learning dalam Pemanfaatan Web sekolah untuk proses pembelajaran Jarak jauh merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam menghadapi pandemi covid 19. Menu menu yang ada pada aplikasi e-learning sudah bisa memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh sekolah, guru maupun siswa. Penggunaan dan pengoperasiannya juga mudah untuk dipahami dengan 1 kali bimbingan bapak ibu guru, admin maupun siswa sudah bisa memahami dan dapat menggunakan aplikasi. Salah satu kekurangan nya adalah diperlukan pemahaman/pengetahuan dalam memasang aplikasi e-learning pada web sekolah.
SARAN
Website sekolah hendaknya bila dibuat bukan hanya untuk mempromosikan kegiatan kegiatan sekolah tetapi juga digunakan untuk melakukan pembelajaran online baik untuk proses pembelajaran, pusat sumber belajar maupun untuk ujian online.
Dokumen File Pendukung
https://s.id/Canva_GuruInovatifIndonesia-2021
Link website : https://smkbhinakarya1rongkop.sch.id/
Link e-learning : http://e-learning.smkbhinakarya1rongkop.sch.id/
Link Ujian Online : http://cbt.smkbhinakarya1rongkop.sch.id/
Link Pengumuman Online : http://pengumuman.smkbhinakarya1rongkop.sch.id/
Link tutorial e-learning :
User admin https://youtu.be/HgAfEu0jXv4
User Guru https://youtu.be/drTQpDjiPtY
User Siswa https://youtu.be/QpOx8Ooqjm0
DAFTAR PUSTAKA
http://eprints.umpo.ac.id/6454/2/2.%20BAB%201.pdf
http://repo.undiksha.ac.id/6312/3/1711031201-BAB%201%20PENDAHULUAN.pdf