Guru Belajar : Seri Masa Pandemi Covid -19


Kegiatan pertama yang diikuti dalam pelatihan yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Portal Guru Belajar dan Berbagi adalah Seri Masa Pendemi COVID 19.
Pada kegiatan ini berkesempatan ikut pada angkatan 1 yaitu :
  • Orientasi Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 (Orientasi) Jumat, 25-09-2020 - Kamis, 10-12-2020
  • Tahap 1: Bimtek Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 pada Kamis, 01-10-2020 - Sabtu, 10-10-2020
  • Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 pada Minggu, 11-10-2020 - Jumat, 30-10-2020
Guru Belajar dan Berbagi seri Masa Pandemi COVID-19 merupakan Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi khusus , seperti masa pandemi COVID-19, dengan tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan merdeka belajar.

Tujuan dari kegiatan ini adalah :
  1. Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh berbasis beban kurikulum yang disederhanakan.
  2. Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan siswa.
  3. Mengembangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.
  4. Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran.
Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Oktober 2020 sampai dengan 19 November 2020 yang terbagi menjadi 5 Angkatan. Ada 3 tahapan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu
Tahap 0 __________
Orientasi program membekali peserta dengan latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur Program Guru Belajar dan Berbagi seri Masa Pandemi COVID-19
Tahap 1 __________
Bimtek. Pembelajaran peserta dengan konsep Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa, Kurikulum Kondisi Khusus, Asesmen Diagnosis, Asesmen Diagnosis Berkala, Model Pembelajaran Jarak Jauh, Media, Teknologi dan Sumber Belajar.
Tahap 2 __________
Diklat. Pelatihan yang memberi kesempatan peserta mendapatkan inspirasi pembelajaran jarak jauh pembelajaran jarak jauh (PJJ), merancang dan menerapkan PJJ, mengunggah tulisan praktik baik PJJ, melakukan penilaian diri terhadap tulisan praktik baik PJJ
Tahap 3 __________
Pengimbasan yang mengundang peserta untuk menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Masa Pandemi COVID-19 melalui kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru.

Adapun materi yang diperoleh dalam mengikuti bimtek guru belajar yaitu : Pembelajaran dengan cara 5M.
Secara ringkas dapat dilihat sebagai berikut
Cara 5M diupayakan supaya pembelajaran jarak jauh menjadi menyenangkan dan bermakna yang sesuai dengan konteks dan konten kehidupan siswa. Cara 5M terdiri dari: Memanusiakan hubungan, Memahami konsep, Membangun keberlanjutan, Memilih tantangan, dan Memberdayakan konteks.
  • Memanusiakan hubungan adalah praktik pembelajaran yang berorientasi dengan membangun relasi positif antara guru, siswa, dan orang tua. Pada awal sebelum menerapkan pembelajaran jarak jauh, guru bisa berkomunikasi dengan siswa dan orang tua terkait akses internet dan teknologi yang dimiliki. Setelah itu membuat kesepakatan dengan siswa dan orang tua.
  • Memahami konsep adalah praktik pembelajaran yang bukan sekedar menguasai konten, namun menguasai konsep yang mendalam dan dapat diterapkan dalam berbagai konteks. Tugas yang diberikan terkait dengan lingkungan sekitar atau persoalan yang sedang terjadi. Namun, sebelumnya tentu harus memberikan penjelasan kepada orang tua, untuk membantu proses belajar siswa di rumah.
  • Membangun keberlanjutan adalah praktik pembelajaran yang memandu siswa memahami rute belajar yang terarah dan berkelanjutan melalui umpan balik. Dalam hal ini tentu guru harus memberikan panduan tugas yang terperinci dan jelas. Selain itu, tugas-tugas yang diberikan selalu ada umpan balik untuk perbaikan atau memotivasi semangat belajar siswa selanjutnya.
  • Memilih tantangan adalah praktik pembelajaran yang memandu siswa memahami keahlian melalui proses yang berjenjang dan bermakna. Kegiatan belajar tidak hanya menulis, namun bisa dikombinasikan dengan diskusi dan kegiatan yang membuat siswa bergerak.
  • Memberdayakan konteks adalah praktik pembelajaran yang memandu siswa melibatkan sumber daya dan kesempatan di komunitas sebagai sumber belajar dan berkontribusi terhadap perubahan. Tugas yang diberikan diupayakan memberikan kesempatan siswa untuk menerapkan sesuai konteks atau kehidupan sehari-hari.
Asesmen Diagnosis Kognitif adalah asesmen diagnosis yang dapat dilaksanakan secara rutin, pada awal ketika guru akan memperkenalkan sebuah topik pembelajaran baru, pada akhir ketika guru sudah selesai menjelaskan dan membahas sebuah topik, dan waktu yang lain selama semester (setiap dua minggu/ bulan/ triwulan/ semester). Tujuan dilakukan asesmen diagnosis adalah untuk memetakan kemampuan semua siswa di kelas secara cepat, mengetahui siswa yang sudah paham, agak paham, dan siapa saja yang belum paham. Dengan demikian guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan siswa.

Itulah sekilas kegiatan saat mengikuti Pelatihan di Portal Guru Belajar dan Berbagi Seri Masa Pandemi Covid 19.

Tetap terus berkarya, berinovasi, berkolaborasi dan berbagi serta ikut berperan dalam transformasi dunia pendidikan di Indonesia