PRAKTIK BAIK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY

  

Alasan dalam melakukan praktik baik memilih metode discovery inquiry karena pada saat melakukan pembelajaran untuk mata pelajaran Dasar Otomotif yang menggunakan kurikulum merdeka menurut pribadi saya memang sangat baik.

hal ini didasari bahwa salah satu kandungan dalam kurikulum merdeka adalah pembentukan karakter peserta didik atau sering disebut dengan Profil Pelajar Pancasila. Dalam metode pembelajaran Discovery Inquiry memungkinkan kita untuk melatih peserta didik untuk berpikir kritis, mandiri, dan kreatif.
pada praktik baik yang saya lakukan seperti yang ada di video diatas secara garis besar langkah langkah yang ditempuh adalah :
1. Perencanaan
langkah ini adalah perencanan dalam menentukan capaian pemblajaran dan alur pembelajaran dari materi yang akan diajarkan, setelah ditentukan kmudian kita mencari sumber belajar yang nantinya akan kita jadikan stimulus/ransangan kepada siswa.
pemilihan sumber belajar ini dapat didapatkan dari rumah belajar ataupun dari sumber sumber lain. dalam hal ini dikarenakan belum adanya sumber belajar di portal rumah belajar untuk materi yang akan diajarkan maka sebagai gantinya yaitu membuat video pembelajaran sendiri dan diupload dalam chanel youtube
ada 2 media pembelajaran yang saya jadikan sebagai ransangan untuk siswa yang dapat dilihat pada video dibawah ini
   

2. Pelaksanaan 
setelah mempersiapkan media pemblajaran yang akan digunakan dalam pross pmbelajaran nantinya, langkah yang dilakukan saat plaksanaannya seperti saat kita melakukan pembelajaran yang kita lakukan sehari hari. secara umum langkahnya adalah
a. Awal
   secara umum kegiatan yang dialkukan adalah mengkondisikan kelas agar nyaman saat melakukan proses pembelajaran,berdoa, menanyakan kondisi siswa, absensi, refleksi materi pelajaran sebelumnya dan menyampaikan materi yang akan dipelajari baik tujuan dan pokok materinya
b. Inti
    kegiatan yang dilakukan secara umum yaitu melakukan proses pembelajaran yang dimulai dengan memberikan stimulus/ransangan kepada siswa dngan 2 video pembelajaran yang disiapkan. memberikan beberapa pertanyaan yang nantinya akan disiskusikan oleh peserta didik, setelah peserta didik melakukan diskusi kemudian mempresntasekan hasil diskusi setiap kelompok di depan kelas sambil melakukan diskusi dengan kelompok lain. dan yang terkakhir adalah memberikan reflksi terhadap hasil pekerjaan dan diskusi yang telah dilakukan oleh peserta.
c. Penutup
    secara umum yang dilakukan pada bagian pentutup ini adalah memberikan resume dari materi yang dipelajari, memberikan pertanyaan secara langsung untuk mengtahui siswa sudah memahami materi  dan mmberikan penjlasan untuk pembelajaran berikutnya agar siswa dapat mempersiapkan diri.
 
3.Evaluasi
  yang dimaksud engan evaluasi disini adalah evaluasi terhadap seluruh proses pembelajaran yang tlah dilakukan. apakah telah sesuai dengan tujuan pembelajaran, apakah masih ada kekurangan selama melaksanakan proses pemblajaran dan bagaimana pendapat peserta didik terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung.

secara lengkap untuk praktik baik untuk model pembelajaran Discovery Inquiry dapat dilihat pada video diatas.

semoga dengan brbagi praktik baik ini dapat membantu rekan rekan guru dalam menentukan model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan dengan materi, karakteristik pserta didik, kondisi dan situasi yang ada saat pross pembelajaran karena tidak mungkin di pertengahan proses pembelajaran kita merubah model pembelajaraannya.
sumber belajar tidak harus kita sendiri yang membuat tetapai dapat memanfaatkan sumber sumber belajar yang ada terutama di Rumah Belajar yang disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan.

tetap semangat utuk berkolaborasi, berinovasi dan terus berbagi.
salam rumah belajar